Rabithah Alawiyah

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Habib Abu Bakar Al-Adni Meninggal Dunia

TARIM — Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Umat Islam dan alawiyyin di seluruh dunia berduka atas wafatnya ulama besar Habib Abu Bakar Al Adni Bin Ali Bin Abu Bakar Al Masyhur. Ulama asal Tarim Hadramaut itu wafat pada Kamis (28/7). Rasa duka dan takziah disampaikan oleh DPP Rabithah Alawiyah atas wafatnya guru yang dikenal dengan ilmu serta akhlaknya yang mulia. 

Habib Abu Bakar al-Adni dilahirkan di tahun 1366 H di kota Ahwar. Dia lahir dari lingkungan yang akrab dengan ilmu dan kegiatan dakwah. Sejak kecil Habib Abu Bakar Al Adni telah menghafal Al Quran.

Gurunya tak lain adalah sang ayah yakni al-Habib Ali al-Masyhur untuk berdakwah. Pada usa yang cukup belia Habib Abu Bakar sudah mendapat kepercayaan untuk menyusun konsep dakwah sang ayah yang dibacakan di atas mimbar. 

Disamping belajar kepada sang ayah, Habib Abu Bakar juga belajar kepada para ulama secara tradisional maupun menimba ilmu secara formal di sekolah, hingga akhirnya lulus dari Universitas Aden jurusan tarbiah.

Habib Abu Bakar Al Adni hingga akhir hayatnya terus berkontribusi pada perkembangan pendidikan dan keilmuan Islam. Di seluruh Yaman, dia telah membuka sedikitnya 83 pesantren. Selain mengajar, Habib Abu Bakar juga menghasilkan sejumlah literatur penting bagi perkembangan dakwah di era modern. Salah satu karyanya adalah Fiqih Tahawwulat yang menjadi buah dari kedalaman ilmu dan intelektualitas sang ulama. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.