Semoga Allah SWT menganugerahkan kepada kami dan kalian kesehatan dan keyakinan, membimbing kita ke jalan orang-orang yang bertakwa.

Ketahuilah, bahwa setiap muslim dan muslimah berkewajiban untuk mengetahui ilmu agama.

Dan tidak seorang muslim pun diizinkan untuk meninggalkannya kapan pun juga. Serta seseorang tidak akan sah amal perbuatannya, tanpa mengetahui ilmunya.

Ilmu ini terdiri dari pengetahuan mengenai Allah SWT, Rasul-Nya dan hari akhir, juga ilmu mengenai perkara fardhu yang Allah SWT wajibkan untuk dilakukan dan perkara haram yang la wajibkan untuk ditinggal.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam bersabda:

طلب العلم فريضة على كل مسلم

Artinya: ‘Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim,’

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam bersabda:

أطلب العلم ولو بالصين

Artinya: ‘Carilah ilmu meski ke negeri china.’

Negeri Cina sebuah negeri yang sangat jauh tempatnya. Dan jarang sekali seseorang bisa sampai ke sana karena jauhnya.

Maka apabila seorang muslim diwajibkan menuntut ilmu meski di tempat yang sejauh itu.

Lalu bagaimana mungkin ia tidak diwajibkan menuntut ilmu, seandainya ia berada di tempat yang banyak ulamanya dan tidak membutuhkan biaya yang besar, serta juga tidak terlalu susah untuk mencapai tempat itu?

Adapun ilmu-ilmu Islam secara global bersandar pada sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam ketika ditanyai oleh Malaikat Jibril as dalam riwayat hadits yang mashur.

Malaikat Jibril as berkata: ‘Beritahukanlah ku mengenai Islam?’ Kemudian beliau Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam menjawab:

أن تشهد أن لا إله الا الله وان محمدا رسول الله ، وتقيم الصلاة ، وتؤتي الزكاة ، وتصوم رمضان، وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا

Artinya: ‘Islam adalah engkau bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam adalah utusan Allah SWT, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di Bulan Ramadhan, pergi haji ke Baitullah apabila engkau mampu untuk berangkat ke sana.”

Kemudian Malaikat Jibril as bertanya: “Beritahukan kepadaku mengenai iman?” Kemudian beliau Shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam menjawab:

الايمان أن تؤمن بالله، وملائكته، وكتبه، ورسله واليوم الآخر، والقدر خيره وشره

Artinya: “Keimanan adalah engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir dan takdir yang baik maupun yang buruk.”

Sumber : Nasihat dan Wasiat Imam Haddad Jilid 1

 

Download Aplikasi Rabithah Alawiyah

Di
PlaysStore & AppStore