Universitas Indonesia (UI) kembali menambah jumlah guru besar tetap dengan mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met  sebagai guru besar bidang metalurgi las dari Fakultas Teknik (FT). Upacara pengukuhan Guru Besar dipimpin oleh Ketua Dewan Guru Besar UI Prof. Dr. Biran Affandi, Sp.OG(K) pada Rabu (16/1) di Balai Sidang UI, kampus Depok.

Dalam pengukuhannya, Prof. Muhammad Anis memaparkan pidato berjudul “Aplikasi Metalurgi pada Pengelasan Logam”. Menurutnya, teknik pengelasan telah menjadi bagian sangat penting dalam dunia industri seperti sektor otomotif, pesawat terbang, manufaktur ringan atau berat dan medis. Selain itu, pengelasan kini telah memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional negara seperti yang telah dialami negara Jerman, Amerika dan Korea Selatan. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan mengenai proses pengelasan yang tidak hanya diperuntukkan bagi welding engineers dan metallurgists melainkan juga bagi para designers, fabricators dan pengguna hasil pengelasan.

Lebih lanjut, Prof. Muhammad Anis yang merupakan Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus Plh. Rektor UI mengatakan peran metalurgi pada pengelasan berguna untuk memberikan solusi ataupun mencegah permasalahan cacat las sehingga hasil proses las dapat sempurna dan tanpa menimbulkan retak atau dikenal dengan istilah mampu las (weldability). Pemahaman mengenai prinsip dari aneka ragam proses pengelasan logam, parameter yang terkait dan bagaimana mengevaluasi serta memilih adalah sangat penting sehingga memberikan dampak pada peningkatan produktivitas sebuah industri.